Profil

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan dibentuk sebagai pelaksanaan dari PERDA No. 7 Tahun 2016 yang diundangkan pada tanggal 29 Desember 2016. Adapun Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan adalah Tipe B yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di Bidang Komunikasi Media Cetak dan Elektronik, Bidang Teknologi Informatika serta Bidang Persandian dan Statistik

Dasar hukum :

  • Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5887).
  • Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika.
  • Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Asahan (Lembaran Daerah Kabupaten Asahan Tahun 2016 Nomor 7, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Asahan Nomor 6);
  • Peraturan Bupati Asahan Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi, Tata Kerja, Uraian Tugas Dan Fungsi Jabatan Pada Dinas Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan (Berita Daerah Kabupaten  Asahan Tahun 2016 Nomor 34).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 diamanatkan kepada H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si, dan kemudian dilanjutkan oleh  Syamsuddin, S.H, M.M dari tahun 2022 hingga sekarang. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam menjalankan visi dan misi bersama Sekretaris Arbin Ariadi Tanjung, S.E dan dibantu oleh 3 (tiga) Kepala Bidang yaitu Bidang Komunikasi Media Cetak dan Elektronik Arief Budiman Hutasuhut, S.H, Bidang Teknologi Informatika Riris Kusmiyati, S.Kom, M.I.kom serta Bidang Persandian dan Statistik Saidati Mardani Harahap, SE.