DINAS KOMINFO KABUPATEN ASAHAN TERIMA MAHASISWA/I PKLI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN JURUSAN TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA DI RUANGAN KERJANYA

PKLI UNIMED

PKLI UNIMED

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si didampingi Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Zulkarnain, SE, M.Si dan Kepala Bidang Komunikasi dan Media Cetak  Arbin Ariadi Tanjung, SE menerima mahasiswa/i dari Universitas Negeri Medan untuk melaksanakan PKLI (Praktek Kerja Lapangan Integratif) di Dinas Kominfo Kabupaten Asahan. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kerja Kepala Dinas Kominfo, Senin (12/10/2020).

Mahasiswa/i Unimed Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer tersebut berjumlah 8 orang yaitu: Dian Ramadhani, Elisabet Sitorus Jafrai Manalu, Lydia Nerti N. Sibuea, Nuriaty July, Simson Nainggolan, Vira Junita dan Yuli Happy Marpaung akan melaksanakan PKLI selama satu bulan.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo memberikan informasi terkait gambaran Dinas Kominfo Kabupaten Asahan secara umum yang memiliki 4 bidang yaitu Bidang Umum, Bidang Komunikasi dan Media Cetak, Bidang Teknologi dan Informatika serta Bidang Persandian dan Statistik.

Selanjutnya beliau menyerahkan mahasiswa/i PKLI kepada Bapak Zulkarnain, SE, M.Si, Kabid TI sebagai pembimbing lapangan mahasiswa/i tersebut. Tak lupa beliau juga memberikan informasi terkait aturan dan peraturan yang berlaku di Diskominfo Kabupaten Asahan. Beberapa diantaranya yaitu, aturan dalam berpakaian, jam kerja yang berlaku di Diskominfo Asahan untuk dapat diikuti oleh mahasiswa/i PKLI beserta penjelasan mengenai ruang lingkup kerja di bidang IT.

Setelah kegiatan penyambutan mahasiswa/i PKLI dilaksanakan, Kamis (15/10/2020) Kepala Bidang Teknologi dan Informatika mengenalkan Diskominfo Kabupaten Asahan yang berdiri pada tahun 2017 dan menjelaskan tupoksi-tupoksi yang ada di bidang teknologi informasi. Adapun tupoksinya adalah perencanaan dan penyusunan lingkup sarana dan prasarana informasi, E-goverment dan pemberdayaan telematika serta keamanan data informasi, penyusunan petunjuk teknis lingkup sarana dan prasarana, melaksanakan penyiapan dan pemberian rekomendasi serta perizinan penyelenggaraan radio dan televisi, pembangunan studio dan  stasiun pemancar radio, pendirian radio siaran, stasiun relay dan Bade Translever stadion (BTS) perangkat mobile untuk melayani wilayah cakupan (sel), melaksanakan pengawasan dan penertiban penyelenggaraan radio, media cetak, televisi, film, monitoring, evaluasi serta pelaporan pelaksanaan lingkup sarana dan prasarana informasi. Selain menjelaskan tupoksi bidang teknologi informasi, Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Bapak Zulkarnain,SE, M.Si menyampaikan bahwa pihak Diskominfo Asahan masih menentukan kesesuaian antara program-program kerja Diskominfo dengan bidang yang dimiliki mahasiswa/i PKLI  untuk menghasilkan suatu kerja sama yang baik.

Kemudian Ibu Riris Kusmiyati, S.Kom selaku Seksi Sarana dan Prasarana menyampaikan keadaan ruangan Diskominfo Asahan, menyarankan untuk sharing atau berbagi ilmu baik kepada tenaga ahli dan staf di Diskominfo Asahan.

Sebelum bapak Zulkarnain, SE, M.Si menutup diskusi, mahasiswa PKLI dibagi keempat bidang yang ada di Diskominfo Asahan yaitu bidang IT, Media, Sandi dan server.  Harapannya proses PKLI dapat berjalan dengan baik untuk terwujudnya mahasiswa/i yang intelektual, dapat memberikan dampak yang positif di lingkungan kerja Diskominfo Kabupaten Asahan.

Related Posts

0 Comments

Leave Your Comment