DINAS KOMINFO KABUPATEN ASAHAN LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SIMAYA UNTUK OPD SECARA VIRTUAL

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi siMAYA

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi siMAYA


SiMAYA merupakan aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat E-Government untuk digunakan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 6 Tahun 2011, serta penerapan dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SistemPemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Untuk menindaklanjuti peraturan Presiden tersebut, Dinas Kominfo Kabupaten Asaha nmelaksanakan sosialisasi dan bimtek aplikasi siMAYA versi 5 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan secara virtual mengingat saat ini Indonesia tenganm enghadap iwabah Covid-19. Kegiatan virtual ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran  Covid-19 dengan tidak menimbulkan kerumunan.

Sosialisasi dan bimtek ini dibuka secara resmi oleh Bupati Asahan, dan turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Kabid Teknologi dan Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Asahan serta diikuti oleh seluruh OPD se-Kabupaten Asahan sebagai peserta, Senin (31/08/2020).

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos,M.Si maksud dan tujuan kegiatan ini agar peserta mengetahui dan memahami penggunaan aplikasi siMAYA serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi administrasi perkantoran dan koordinasi serta keterhubungan antar instansi pemerintah. Beliau mengatakan sosialisasi dan bimtek siMAYA dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan Zoom Cloud Meeting - Live Streaming mengingat saat ini Indonesia tengah berjuang menghadapi wabah Covid-19.

Bupati Asahan, H. Surya, BSc dalam bimbingan dan arahannya mengatakan aplikasi siMAYA yang disosialisasikan pada hari ini merupakan salah satu bentuk pengembangan sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang telah disempurnakan dari E-Offices ebelumnya. Beliau berharap kiranya pada tahun 2020 ini seluruh instansi telah menerapkan aplikasi siMAYA sebagai system administrasi perkantoran maya terintegrasi. Mengingat pentingnya aplikasi ini, maka diperlukan kesamaan pemahaman dan keterpaduan langkah dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan bimbingan teknis ini dengan sebaik-baiknya sehinggas etelah kegiatan ini selesai dapat diaplikasikan secara nyata dalam tugas sehari-hari di lingkungan OPD masing-masing.

Sebelum menutup bimbingan dan arahannya tak lupa beliau menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan sosialisasi dan bimtek ini dengan baik. Kiranya dapat melakukan evaluasi setiap tahunnya untuk memastikan pengoperasian aplikasi ini sesuai dengan tujuannya.

Usai dibuka oleh Bupati Asahan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Kepala Bidang Teknologi dan Informatika, Bapak Zulkarnain, SE, M.Si dengan topik “Pengenalan aplikasi siMAYA”. Aplikasi siMaya V.5 ini adalah aplikasi administrasi perkantoran berbasis web atau awan (cloud). Dengan aplikasi ini proses manajemen persuratan yang biasanya dilakukan secara manual dapat dilakukan secara digital sehingga memudahkan dalam proses administrasi, pencarian dan pangarsipan.

Beliau menyampaikan aplikasi ini merupakan pengembangan dari versi-versi sebelumya dengan berbagai tambahan fitur yang semakin memudahkan dan memanjakan penguna agar lebih efektif, efisien dan cepat. Fitur siMAYA yang tersedia diantaranya seperti surat masuk, surat keluar, disposisi masuk, disposisi keluar, disposisi Inisiatif, PNS Book (Linimas, status, profil, berbagifoto), asisten, arsip, administrasi kecamatan, administrasi kelurahan, administrasi kepegawaian.

Taklupa beliau menginformasikan manfaat aplikasi ini adalah alur birokrasi yang lebih cepat, arsip menjadi lebih aman, sertap engunaan kertas berkurang.

Materi yang ke dua kemudian disampaikan oleh Deni Setiawan dengan topik “Panduan Aplikasi siMAYA” yang menjelaskan tentang tata cara penggunaan aplikasi dan fitur-fitur yang ada.

Setelah sesi tanya jawab, acara sosialisasi dan bimtek ini kemudian ditutup pada pukul 12.00 dan akan dilanjutkan di hari berikutnya dengan topik yang berbeda.

Related Posts

0 Comments

Leave Your Comment